Thursday, March 1, 2018

Perbedaan Selector ID dan CLASS pada CSS HTML

Tags


Assalamuaikum Gan.... Kali ini saya akan membahas tentang Perbedaan Selector ID dan CLASS pada CSS HTML, pastikan anda sudah menguasai sedikit  HTML dan juga CSS supaya lebih mudah dimengerti, sebenarnya Selector ID dan CLASS tidak memiliki banyak perbedaan, Selector itu ada yang udah default contoh <h1>....<h6>, <p> dsb. Tapi disini saya tidak membahas yang Selector default nya melainkan membahas Selector ID dan Class Ok langsung saja... 

Selector ID
  • Selector ID gunanya hanya untuk menentukan bagian pada satu halaman. Jadi Selector ID tidak bisa dipanggil lebih dari satu, jika dipanggil lebih dari satu maka yang akan di detect cuma satu saja yaitu yang pertama dipanggil, ya contoh saja misal div id="header", div id="footer". Selector ID diawali dengan Sharp atau "#" pada CSS nya. Dan dipanggil ke HTML dengan menggunakan id="namaID"
Contoh Penggunaan Selector ID
  • Pada HTML
<p id="isi">Ini Contoh Isi Dengan Selector ID</id>

Sebuah Tag Paragraf dengan isi yang disisipkan Selector ID
  • Pada CSS
    <style type="text/css">
    #isi{
    color:green;
    text-align:center;
    </style>

    Selector CLASS
    • Selector Class juga digunakan untuk menentukan suatu Style sama seperti ID. Bedanya Jika Selector ID hanya dapat dipanggil Sekali, sedangkan Selector Class dapat dipanggil berkali kali pada satu halaman. Selector Class dapat ditulis dengan awalan Titik "." pada CSS nya, Pada HTML dipanggil dengan menggunakan class="namaClass" jika ingin menambahkan lebih dari satu class cukup pisahkan dengan spasi contoh class="namaClass namaClass2"
    Contoh Penggunaan Selector CLASS
      • Pada HTML
        <p class="halaman tengah">Ini Isi Dari Selector Class</p>

        Sebuah Tag Paragraf dengan isi disisipkan 2 Selector Class yaitu halaman dan tengah
        • Pada CSS
        <style type="text/css">
        .halaman{
        color:blue;
        }
        .tengah{
        text-align:center;
        }
        </style>

        Jadi enaknya Selector Class bisa manggil selector lebih dari satu biar tidak capek nulis CSS nya lagi jadi tinggal gabungkan saja Classnya.

        Sebenarnya hampir tidak ada perbedaan Yang berarti namun biasanya Selector ID sering digunakan di tag DIV dan Selector Class pada tag Span, Ok terimakasih, Sekian Informasi tentang Perbedaan ID dan CLASS semoga bermanfaat, ada yang perlu ditanyakan silahkan...  Terima kasih

        Artikel Terkait

        Im noob!


        EmoticonEmoticon